oleh

Memaknai HUT TNI di Tengah Krisis Geopolitik

-Opini-407 Dilihat

Oleh : Iis Gindarsah, Koordinator Laboratorium Indonesia 2045 (Lab 45)

SPI — TENTARA Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari lahir mereka setiap 5 Oktober. Cukup banyak peristiwa global yang mengiringi momentum bersejarah tersebut pada tahun ini. Sebut saja perang Rusia-Ukraina, ketegangan baru di Selat Taiwan dan Semenanjung Korea, serta pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 pada November nanti.

Empat pelajaran utama

Dalam rangka memperingati hari jadi TNI yang ke-77, ada empat pelajaran utama dari perkembangan geopolitik kekinian. Pertama, konfrontasi bersenjata di Ukraina semakin memperberat upaya pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. Meski aman dari desingan peluru atau perlintasan rudal, bukan berarti Indonesia terbebas dari risiko konflik.

Perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung lebih dari 200 hari justru mengakibatkan ‘stagflasi’, yaitu resesi ekonomi yang diikuti angka inflasi tinggi. Kenaikan harga minyak dunia merupakan persoalan teramat besar bagi negara-negara pengimpor minyak seperti Indonesia. Lonjakan harga komoditas energi telah memicu inflasi harga-harga kebutuhan pokok di dalam negeri.

Itulah sebabnya dalam upacara peringatan HUT TNI kemarin, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran TNI agar bersinergi dengan kementerian/lembaga untuk menyukseskan berbagai agenda nasional. Melalui gelar operasi perbantuan dan pemberdayaan wilayah pertahanan, TNI dapat membantu penanggulangan krisis pangan dan energi, serta pengendalian inflasi di daerah.

Kedua, krisis di Eropa Timur turut memengaruhi stabilitas geopolitik di Asia-Pasifik. Dalam menyikapi penolakan Tiongkok terhadap sanksi internasional atas Rusia, negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) malah berencana memperkuat kemitraan mereka dengan negara-negara di luar kawasan terutama Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Keamanan regional bahkan bertambah dinamis pascakrisis baru-baru ini di Selat Taiwan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *